Minggu, 06 Mei 2012

Kombinasi Resep GASOL

Kombinasi tepung Gasol

Tepung gasol adalah mpasi yang terbuat dari bahan-bahan organik. Tepung gasol bisa dikombinasikan dengan berbagai macam bahan makanan. Berikut ini adalah aneka macam resep mpasi dengan menggunakan tepung gasol.

Tepung gasol beras merah-alpukat

Bahan :
  • Tepung Gasol Beras Merah 1 sdm (atau lebih sesuai porsi bayi)
  • Air Putih Matang
  • Alpukat Matang
  • ASI/Susu Formula
Cara membuat :
  1. Masak tepung gasol kurang lebih selama 2 menit hingga matang dan mengembang.
  2. Kerik alpukat, lalu campurkan dengan bubur beras merah, aduk rata.
  3. Tambahkan ASI atau susu formula, aduk rata.
Tepung Gasol Beras Merah juga nikmat dikombinasikan dengan :
  • Apel atau Pir
  • Wortel dan Ayam Kampung.

Tepung Gasol Jagung – Pisang Ambon

Bahan :
  • Tepung Gasol Jagung 1 sdm (atau lebih sesuai porsi bayi)
  • Air Putih Matang
  • Alpukat Matang
  • ASI/Susu Formula
Cara membuat :
  • Masak tepung gasol kurang lebih selama 2 menit hingga matang dan mengembang.
  • Kerik pisang ambon, lalu campurkan dengan bubur jagung, aduk rata.
  • Tambahkan ASI atau susu formula, aduk rata.
Tepung Gasol Jagung juga nikmat dikombinasikan dengan :
  • Alpukat
  • Wortel
Pada prinsipnya pembuatan MPASI dengan tepung Gasol hampir sama. Anda hanya perlu berinovasi untuk mendapatkan rasa yang disukai oleh bayi. Berikut ini adalah kombinasi tepung gasol yang terbukti memiliki rasa yang enak :
  • Tepung gasol beras merah – buah alpukat
  • Tepung gasol beras merah – buah apel/pir (blender)
  • Tepung gasol beras merah+jagung – pisang kerik.
  • Tepung gasol jagung- buah pisang dikerik
  • Tepung gasol jagung- kentang rebus (blender)
  • Tepung gasol Ubi – Labu kuning – Ayam
  • Tepung gasol Jagung – Kacang hijau – papaya
  • Tepung gasol Kacang Merah – Beras coklat – Apel/Pir.
Bubur Tepung Beras Sari Jeruk
Bahan :
•20 gr Tepung Beras
•200 ml air
•ASI atau susu formula
•50 ml air jeruk manis.

Cara membuat :
•Campur tepung beras & air, aduk rata, jerang di atas api kecil, aduk sampai mendidih, angkat. (lk 10-15 menit)
•Masukkan ASI atau susu formula sampai kekentalan yang dikehendaki, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.
•Tuangi air jeruk manis, hidangkan segera.



Bubur Tepung Beras Saus Pepaya

 
Bahan :
•20 gr Tepung Beras
•200 ml air
•ASI atau susu formula
•50 gr Pepaya
•1 sdm sari jeruk manis

Cara membuat :
•Campur tepung beras & air, aduk rata., jerang di atas api kecil, aduk sampai mendidih, angkat. (lk 10-15 menit)
•Tambahkan ASI atau susu formula sampai kekentalan yang dikehendaki, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.
•Campur pepaya dengan air jeruk, blender, saring.
•Sajikan bubur dengan saus pepaya.


Bubur Tepung Beras Isi Pisang

 
Bahan :
•20 gr Tepung Beras
•200 ml air.
•ASI atau susu formula.
•50 ml air.
•50 gr pisang ambon, hancurkan dengan garpu.

Cara membuat :
•Campur tepung beras & air, aduk rata., jerang di atas api kecil, aduk sampai mendidih, angkat. (lk 10-15 menit
•Tambahkan ASI atau susu formula sampai kekentalan yang dikehendaki, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.
•Hancurkan pisang dengan garpu atau kerok dengan sendok.
•Sajikan bubur dengan pisang.


Bubur Tepung Beras Isi Sayuran
Bahan :
•20 gr Tepung Beras
•200 ml air

Cara membuat :
•Campur tepung beras dengan sedikit air, aduk rata.
•Didihkan sisa air , Masukkan cairan tepung beras, aduk hingga kental, angkat.


Sayuran :Wortel/Brokoli/Kembang Kol/Bayam

Cara membuat :
•Kupas, cuci dan potong-potong sayuran, masukkan ke panci. Tambahkan air sepertiga saja. Tutup pancinya rapat rapat, agar vitaminnya tak ikut terbang bersama uap air rebusan. Tambahkan air kaldu jika perlu.
•Setelah empuk alias masak, blender saja sayuran tadi, sampai halus. Kalau kurang air, kucurkan saja air bekas rebusan yang ditampung di dalam gelas tadi.



Bubur Susu Kacang Hijau
Bahan :
•20 gr Tepung Kacang Hijau.
•200 ml air
•ASI atau susu formula.

Cara membuat :
•Campur tepung kacang hijau & air, aduk rata., jerang di atas api kecil, aduk sampai mendidih, angkat. (lk 10-15 menit)
•Tambahkan ASI atau susu formula sampai kekentalan yang dikehendaki, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.
•Siap disajikan.



Bubur Merah Saus Labu Kuning
Bahan 1 :
•1 sdm Tepung Beras Merah Wangi
•½ sdm Tepung Kacang Merah
•250 ml air.

Bahan 2 :
•50 gr labu kuning dikukus
•75 ml air/susu

Cara membuat :
•Masukkan bahan 1 ke dalam panci, aduk rata, jerang di atas api kecil, aduk sampai mendidih, angkat (lk 10-15 menit)
•Blender bahan 2 untuk sausnya
•Sajikan bubur dengan sausnya



Jalejo Padat Gizi
Bahan :
•10 gr tepung jagung
•5 gr tepung kedelai
•5 gr tepung kacang hijau
•200 ml air

Cara membuat :
•Campur semua bahan, aduk rata., jerang di atas api kecil, aduk sampai mendidih, angkat. (lk 10-15 menit)
•Siap disajikan.
•Jika perlu, tambahkan ASI atau susu formula sampai kekentalan yang dikehendaki, aduk rata, tunggu sampai agak dingin.



Setup Pisang Ubi
Bahan 1 :
•1 sdm Tepung Pisang
•1 sdm Tepung Ubi
•50 ml air.

Bahan 2 :
•200 ml air
•2 cm kayu manis
•5 buah cengkeh

Cara membuat :
•Masukkan bahan 2 ke dalam panci, jerang di atas api kecil sampai mendidih dan wangi, angkat, dinginkan.
•Campur bahan 1, aduk rata.
•Masukkan bahan 1 ke dalam panci yang berisi bahan 2, masak dengan api kecil hingga mendidih dan matang (lk 10-15 menit), angkat
•Sajikan segera


Goyobod Imut
Bahan 1 :
•1 sdm Tepung Arrowroot
•1 buah sale pisang bisa diganti kurma
•150 ml air
•ASI atau susu formula

Cara membuat :
•Potong-potong sale pisang tambah air, lalu blender. Tuang air hasil blender ke dalam panci.
•Tambahkan tepung arrowroot lalu aduk rata. Jerang di atas api kecil sampai mendidih dan wangi, angkat.
•Tuang dan pipihkan di piring atau loyang. Dinginkan
•Potong kecil-kecil Goyobod, lalu masukkan ke mangkok makan bayi.
•Sajikan dengan ditambah susu


Pisang Keju
Bahan :
•1 sdm Tepung Pisang
•½ sdm Arrowroot
•200 ml air
•½ sdm butter unsalted
•1 sdm keju parut

Cara membuat :
•Campur semua bahan kecuali keju parut, aduk rata, jerang di atas api kecil. Tambahkan butter, aduk sampai mendidih, angkat. (lk 10-15 menit).
•Tuang ke mangkok bayi. Sajikan selagi hangat dengan ditabur keju parut.


Bubur Ikan
Bahan :
•1 sdm Tepung Beras Coklat
•200 ml air
•½ sdm abon ikan

Cara membuat :
•Campur tepung beras coklat dan air, aduk rata, jerang di atas api kecil.
•Tambahkan abon ikan dan terus aduk sampai mendidih dan matang (lk 10-15 menit). Angkat
•Tuang ke mangkok bayi. Sajikan selagi hangat.


Sop Kacang Merah

Bahan 1 :
•1 sdm Tepung kacang merah
•200 ml kaldu daging sapi

Bahan 2 :
•7 cm daun bawang, iris halus
•½ butir tomat, iris
•50 ml air

Cara membuat :

•Campur tepung kacang merah dan air kaldu, aduk rata, jerang di atas api kecil.
•Campur bahan 2 dan masak sampai mendidih, Blender.
•Tambahkan bahan 2 ke bahan 1 sambil terus dimasak. Aduk sampai mendidih dan matang (lk 10 menit).
•Tuang ke mangkok bayi. Sajikan selagi hangat.


Sup Jagung
Bahan :
•20 gr Tepung Jagung
•300 ml air kaldu ayam
•1 sdt unsalted butter
•1 sdm keju parut

Cara membuat :
•Campur tepung jagung & air, aduk rata., jerang di atas api kecil. Tambahkan butter dan keju, aduk sampai mendidih, angkat. (lk 10-15 menit)
•Tuang ke mangkok bayi. Sajikan selagi hangat.

2 komentar:

Sofyan Adi Pamungkas mengatakan...

Maaf mb......mau tanya...(masih aktif kan di blog ini...hehe,maaf nanyanya baru sekarang)
To the point ya....
Ada yang bilang kalo tepung2an seperti gasol kalo dicsmpur buah itu gak bagus...bener gak tuh mb...karena trigliserin nya jadi naik....gimana tuh mb.....soalnya anak saya seneng banget saya buatin gasol campur buah.....makasih ya...

NonaVitta's Site mengatakan...

selamat siang pak, maaf baru balas dan terimakasih sdh berkunjung ;)
seneng sekali ada bapak2 yg concern masalah mpasi anak :)

Ada yang bilang kalo tepung2an seperti gasol kalo dicsmpur buah itu gak bagus...bener gak tuh mb...karena trigliserin nya jadi naik...>>> kalo yg ini saya malah blom tau pak, setau saya sih ok2 aja, bisa disebutkan sumbernya dari mana? mungkin nanti sy bisa bantu bawa ke forum milis kalo ada sumber terpercaya nya :)