Kamis, 26 April 2012

RESEP KALDU Mpasi ^^

Kaldu Ayam -1
Bahan: 1 Ekor Ayam Kampung Utuh (berikut tulang, ceker, daging dan kulitnya, 1 L Air, 1 batang daun bawang, 1 batang seledri, 1/2 bawang bombay, 2 buah bawang putih geprek, 2 lbr Daun Salam
Cara Membuat:
  1. Masukkan ke dalam wajan seluruh bahan-bahannya. Kemudian panaskan wajan.
  2. Tunggu sampai air mendidih, kemudian kecilkan api, angkat lemak-lemak yang mengapung di panci dan tunggu sampai air berkurang sampai menjadi 3/4 dari jumlah semula.
  3. Jika air kaldu sudah berkurang menjadi 3/4 dari jumlah semula. Matikan api dan saring air kaldu.
  4. Diamkan sampai air kaldu suhunya sama seperti suhu ruangan kemudian perhatikan jika ada lemak mengapung, angkat dan sisihkan.
  5. Kemudian masukkan ke dalam lemari es bawah sampai dingin. Jika sudah dingin, bersihkan lemak yang mengapung, kemudian kaldu siap dimasukkan ke dalam baby cubes dan selanjutnya bisa langsung masuk ke dalam freezer. :) 
RESEP KALDU AYAM

Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kaldu ayam

Tulang ayam yang sudah dihilangkan kulit dan lemaknyua 2 kg cuci bersih
Wortel 1 buah potong kecil2
Seledri 1 batang
Bawang Bombay 1 buah iris tipis2
Air ¼ liter


Cara membuat kaldu ayam

Pertama-tama hilangkan kulit dan lemak yang menempel pada tulang ayam. Setelah itu campurkan tulang ayam dengan semua bahan masakan kaldu ayam lain kemudian rebuslah dengan api yang kecil.

Selama proses merebus, aduk merata campuran bahan ini dan buanglah busa yang muncul pada permukaan air rebusan. Rebuslah campuran air dan bahan kaldu ayam ini selama dua jam lalu matikan api. Angkat air rebusan, saring dan buang ampasnya. Kaldu ayam yang ibu masak siap untuk digunakan sebagai bahan masakan bayi.

RESEP KALDU SAPI

Bahan masakan Resep MPASI – Kaldu Sapi

1 kg tulang sapi
1 liter air
2 buah bawang merah iris halus
2 siung bawang putih iris halus
½ ruas jahe memarkan
2 lembar daun salam


Cara membuat Resep MPASI – Kaldu Sapi

Sama seperti cara membuat kaldu campuran resep MPASI lainnya, untuk membuat kaldu sapi kita cukup mencampurkan semua bahan dalam wadah dan kemudian merebusnya selama 30 menit. Setelah itu saring seluruh bahan dan ambil kaldu sapi yang dapat digunakan sebagai campuran resep MPASI.

RESEP KALDU IKAN

Bahan MPASI - Kaldu Ikan

1 kg tulang ikan
1 liter air
½ buah bawang Bombay iris halus
2 siung bawang putih iris halus
½ ruas jahe dimemarkan
2 batang daun seledri iris halus
2 lembar daun salam


Cara membuat MPASI – Kaldu Ikan

Untuk membuat kaldu ikan sebagai campuran resep MPASI, pertama-tama ibu harus mencampurkan terlebih dahulu seluruh bahan dalam wadah yang cukup. Setelah itu rebuslah bahan tersebut hingga 30 menit. Angkat wadah dan ambil kaldu ikan yang telah siap untuk digunakan sebagai campuran resep MPASI.

RESEP KALDU KAKI AYAM

Bahan masakan Resep MPASI – Kaldu Kaki Ayam

5 buah kaki ayam
1 liter air
1 buah tomat iris halus
1 batang daun bawang iris halus
2siung bawang putih iris halus
2 batang daun seledri iris halus
2 lembar daun salam


Cara Memasak Resep MPASI – Kaldu Kaki Ayam

Untuk membuat kaldu kaki ayam sebagai campuran bahan resep MPASI, kita harus merebus terlebih dahulu kaki ayam yang telah disiapkan dalam air sebanyak satu liter air. Setelah air menguap dan bersisa hingga kira-kira ¾ bagian (750 ml) masukkan seluruh bahan kaldu kaki ayam yang telah disiapkan dan teruskan merebus hingga 15 menit. Setelah bahan tercampur angkat dan saring bahan tersebut. Kaldu kaki ayam telah siap digunakan sebagai campuran bahan resep MPASI.

RESEP KALDU SAYUR

Bahan Masakan Resep MPASI – Kaldu Sayur

500 gr tulang ayam
1 liter air
1 buah wortel iris kasar
½ buah bawang bombai iris halus
2 siung bawang putih iris halus
2 batang daun seledri iris halus
2 lembar daun salam


Cara Membuat Resep MPASI – Kaldu Sayur

Untuk membuat kalud sayur terlebih dahulu kita harus merebus tulang ayam dalam satu liter air. Setelah air mendidih dan bersisa hingga ¾ bagian (750 ml) masukkan seluruh bahan yang telah disiapkan dan teruslah merebus hingga 15 menit. Setelah itu angkat dan saring. Kaldu sayur siap digunakan sebagai bahan tambahan resep MPASI lainnya.


SELAMAT MENCOBA *.*

Tidak ada komentar: